Cabang-cabang ilmu biologi

Biologi
Kawan-kawan nagarapost, biologi adalah kajian tentang kehidupan, organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya.

Ilmu biologi mempunyai berbagai macam cabang di berbagai tingkat organisasi kehidupan antara lain :

1. Sitologi
Adalah ilmu yang mempelajari tentang sel. Mencakup sifat-sifat fisiologis sel seperti struktur dan organel yang terdapat di dalam sel, lingkungan dan antaraksi sel, daur hidup sel, pembelahan dann fungsi sel (fisiologi), hingga kematian sel.
Yang mempelajari dari skala mikroskopik maupun skala molekular, dan sel biologi meneliti baik organisme bersel tunggal seperti bakteri maupun sel-sel terspesialisasi di dalam organisme multisel seperti manusia.

2. Genetika
Ilmu yang mempelajari berbagai aspek yang menyangkut pewarisan sifat dan variasi pada organisme maupun suborganisme (virus).

3. Histologi
Ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis.

4. Marfologi
Secara harfiah berarti pengetahuan tentang bentuk. Beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi adalah morfologi (linguistik), morfologi ( biologi), geomorfologi.

5. Fisiologi
Ilmu yang mempelajari tentang fungsi mekanik, fisika, dan biokimia dari makhluk hidup. Fisiologi dibagi menjadi fisiologi tumbuhan dan fisiologi hewan.

6. Taksonomi
Merupaka cabang ilmu tersendiri, yang disebut juga klasifikasi atau sistematika. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal dengan sebagai tatanama binomial atau binomial nomenclature.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cabang-cabang ilmu biologi"

Posting Komentar